KEDUDUKAN AS SUNNAH DALAM SYARI’AT ISLAM
Wahyudi
( Mahasiswa Program Pasca
Sarjana S2 IAIN Walisongo Semarang tahun 2008 / 2009 )
MUQADDIMAH
Makalah ini menyajikan laporan hasil kajian
mengenai Kedudukan As – Sunnah dalam syariat Islam, dalam mata kuliah
Studi Hadits dengan Dosen Pengampu Prof. Dr. H. Muhibbin, MA, dan disusun dalam lima bagian.
Pertama :
Pengertian As - Sunnah
Kedua :
Dalil – dalil tentang hujjah As – Sunnah
Ketiga :
Kedudukan As – Sunnah
Keempat :
Fungsi As Sunnah terhadap Al – Qur an
Kelima :
Pemahaman atas makna As - Sunnah
PENGERTIAN AS SUNNAH
Lafadz
“Al – Sunnah” dengan dibaca dlammah sinnya dan diiringi
dengan tasydid, sebagaimana dituturkan oleh A.W. Munawwir dalam Kamus ”Al
Munawwir”-nya secara etimologi adalah Al – Sirah, peri kehidupan,
perilaku[1].
Menurut
etimologi (bahasa) Arab,: “Al – Sunnah” merupakan “Al – Thoriqoh”[2],
juga “Al - Sirah“[3]
jalan atau perjalanan, baik yang khasanah (perbuatan baik) maupun yang qabikhah
(perbuatan buruk) hal ini bisa kita jumpai dalam berbagai literatur yang
menulis tentang studi hadis.
Dr.
Said ban Ali Al Qahthani mengutip dari Kamus “Lisanul Arab” mengartikan
as- Sunnah dengan At – Thariqah (jalan) dan As – Sirah (Perjalanan hidup) baik
yang khasanah maupun yang qabikhah
(perbuatan buruk).[4]
Menurut
syara’ : Kata As-Sunnah artinya adalah As Sirah atau Ath Thariqah
(jalan). Sunnah dalam pengertian tersebut antara lain terdapat dalam kalimat hadis
“man sanna fi al islam” riwayat Muslim[6]
Kata
lain yang sering digunakan dan artinya tidak jauh berbeda dengan as-Sunnah
adalah al Hadits, Menurut ahli bahasa, al-hadits adalah al-jadid (baru),
al-khabar(berita), dan al-qarib (dekat) (lihat Muhammad Ajaj al-Khatib, 1971,20
dan Endang Soetari Ad, 1984:1). Hadis dalam pengertian al-khabar dapat dijumpai
diantaranya dalam surat at-Thur [52] ayat 34, surat al-Kahfi [18] ayat 6, dan
surat adl-Dluha[93] ayat 11.[7]
As Sunnah menurut
terminologi didefinisikan oleh pada umumnya ulama
--seperti definisi Al-Hadits-- sebagai "Segala sesuatu yang bersumber
atau disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik berupa perkataan, perbuatan atau
taqrir (penetapan/persetujuan) dari beliau."[8]
Dalam kitab ushul al
iman fi dlaui al kitab wa as – sunnah, yang diterbitkan oleh Wizaratu as
syuun al islamiyah wa al auqaf wa ad da’wah wa al irsyad – al mamlakah al
‘Arabiyah as Saudiyah[9],
terbit tahun 1421 H juz 1 hal 309, yang mengutip dari kitab Mustolah al
hadis-nya Ibnu ‘Utsaimin hal 7 dan Qawa’idu at Tahdis-nya Imam
Qasimi hal 61-62, diterangkan tentang pengertian hadis yang dibedakan antara
Hadis Qudsi dan Hadis Nabawi.
والحديث النبوي :
ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم من قول أو فعل أو تقرير أو وصف . [10]
Hadis Nabawi adalah Segala
sesuatu yang bersumber atau disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik berupa
perkataan, perbuatan atau taqrir (penetapan/persetujuan) atau sifat beliau.
Dalam pengertian ini kita jumpai tambahan “au
Wasf” yang dalam kamus Al Munawwir
oleh AW Munawwir diartikan dengan, menyifati, melukiskan, menggambarkan dengan
kata-kata.[11]
Muhamad bin Abdul Wahab At Tamimi
(1115-1206 H), yang merupakan peletak dasar faham Wahabi, menulis dalam Qismul
Aqidah Syarh Kitab Tsalatsatu al Ushul juz 12 hal 21, As Sunnah menurut
Ulama Ushul[12]
قسم العقيدة - (ج 12 / ص 21)
والسنة هي الطريقة التي كان عليها رسول الله صَلَّىْ اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمْ وأصحابه المنتخبون الخيرة ومن سار على نهجهم. والسنة عند أهل الأصول هي ما أضيف إلى النبي صَلَّىْ اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمْ من قولٍ أو فعلٍ أو تقريرٍ أو وصف . فهذا يطلق عليه السنة والمراد
هنا ما كان عليه النبي عليه الصلاة والسلام من الأقوال والأعمال والتقريرات .
فهذا ينسب إليه بهذا الاعتبار أهل السنة فيقال هم أهل السنة يعني هم أهل إتباع أقوال النبي صَلَّىْ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ وأهل إتباع
أفعاله عليه الصلاة والسلام وأهل إتباع تقريراته .
Ulama Ushul Fiqh, membatasi pengertian
hadis hanya pada "ucapan-ucapan Nabi Muhammad saw. yang berkaitan dengan
hukum"; sedangkan bila mencakup pula perbuatan dan taqrir beliau yang
berkaitan dengan hukum, maka ketiga hal ini mereka namai Al-Sunnah. Pengertian
hadis seperti yang dikemukakan oleh ulama ushul, dapat dikatakan sebagai bagian
dari wahyu Allah SWT yang tidak berbeda dari segi kewajiban menaatinya dengan
ketetapan-ketetapan hukum yang bersumber dari wahyu Al-Quran. [13]
DALIL-DALIL TENTANG HUJJAH AS-SUNNAH
Al-Qur'anul Karim menyuruh kita
berhukum dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Terbukti
betapa banyaknya ayat-ayat Al-Qur'an yang menyuruh kita taat kepada Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa sallam dan berhukum kepadanya, antara lain :
[1.] Al-Ahzab : 36
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ
وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ
يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا (36)
“ Dan tidaklah patut bagi laki-laki
yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan
Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang
lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya
maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata ” (Q.S. Al Ahzab [33] – 36 )
[2.] Al-Hujuraat : 1
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ
وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ( الحجرات:
1 )
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah
dan Rasul-Nya {1} dan
bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha
Mengetahui.
Dan ayat – ayat lainnya yang sangat
banyak sekali antara lain dalam : [3.] Ali 'Imran : 32 [4.]
An-Nisaa : 79 [5.] An-Nisaa : 80 [6.]
An-Nisaa : 59 [7.] Al-Anfaal : 46 [8.]
Al-Maa'idah : 92 [9.] An-Nuur : 63 [10.]
Al-Anfaal : 24 [11.] An-Nisaa : 13 [12.]
An-Nisaa : 14 [13.] An-Nisaa : 60 [14.]
An-Nisaa : 61 [15.] An-Nuur : 51 [16.]
An-Nuur : 52 [17.] Al-Hasyr : 7 [18.]
Al-Ahzab : 21 [19.] An-Najm : 1 – 4 [20.]
An-Nahl : 44[14]
Rasulullah
SAW memerintahkan kita agar selalu berpegang teguh kepada As Sunnah, setelah Al
Qur an sebagai disebutkan dalam sebuah hadis, yang diriwayatkan oleh Imam Malik
dalam Kitab Al Muwattha’.
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَرَكْتُ
فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللَّهِ
وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ * ( موطأ مالك – كتاب الجامع )
Sesungguhnya
Rasulullah SAW bersabda : “ Aku tinggalkan kepadamu dua perkara, apabila kamu
berpegang teguh kepada keduanya, kamu tidak akan tersesat. Yaitu Kitab Allah
(Al-Qur an) dan Sunnah Nabi-Nya ( Al Hadits )[15]
Dalam
Sunan Ibnu Majah kitab muqaddimah, hadis ke 43 disebutkan bahwa
kita harus berpegang teguh kepada As – Sunnah.
43 حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ بِشْرِ بْنِ مَنْصُورٍ وَإِسْحَقُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ السَّوَّاقُ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ
عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ عَنْ ضَمْرَةَ بْنِ حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ بْنِ عَمْرٍو السُّلَمِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ الْعِرْبَاضَ بْنَ
سَارِيَةَ يَقُولُ وَعَظَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَوْعِظَةً ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ فَقُلْنَا
يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ هَذِهِ لَمَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعْهَدُ
إِلَيْنَا قَالَ قَدْ تَرَكْتُكُمْ عَلَى الْبَيْضَاءِ لَيْلُهَا كَنَهَارِهَا لَا
يَزِيغُ عَنْهَا بَعْدِي إِلَّا هَالِكٌ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى
اخْتِلَافًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِمَا عَرَفْتُمْ مِنْ سُنَّتِي وَسُنَّةِ
الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ
وَعَلَيْكُمْ بِالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا فَإِنَّمَا الْمُؤْمِنُ كَالْجَمَلِ
الْأَنِفِ حَيْثُمَا قِيدَ انْقَادَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ الصَّبَّاحِ الْمِسْمَعِيُّ حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ
عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ
الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الصُّبْحِ ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ
فَوَعَظَنَا مَوْعِظَةً بَلِيغَةً فَذَكَرَ نَحْوَهُ * ( سنن ابن ماجة كتاب مقدمة
)[16]
KEDUDUKAN
AS - SUNNAH
Imam – imam pembina Madzhab semuanya
mengharuskan kita ummat Islam kembali kepada As Sunnah dalam menghadapi segala
permasalahan. Asy Syafi’i berkata :
إِذَا وَجَدْتُمْ
فيِ كِتاَبِي خِلاَفُ رَسُوْلِ اللهِ ص م
فَقُوْلُوْا بِسُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ ص م
وَدَعَوْا ماَقُلْتُ.
“apabila kamu menemukan dalam kitabku
sesuatu yang berlawanan dengan sunnah Rasulullah saw, maka berkatalah menurut
Sunnah Rasulullah, dan tinggalkanlah apa yang aku telah katakan.”[17]
Imam Ibnu Hajar Al
Haitami menulis dalam kitab Tuhfatu Al Muhtaj
Fi Syarh al minhaj bahwa As Sunnah merupakan urutan kedua dalam pengambilan
dalil penetapan hukum fiqih[18]
Ulama tafsir mengamati bahwa perintah taat
kepada Allah dan Rasul-Nya yang ditemukan dalam Al-Quran dikemukakan dengan dua
redaksi berbeda.[19]
Pertama adalah Athi'u Allah wa al-rasul, Perintah
ini mencakup kewajiban taat kepada beliau dalam hal-hal yang sejalan dengan
perintah Allah SWT; karena itu, redaksi tersebut mencukupkan sekali saja
penggunaan kata athi'u. seperti dalam Surat Ali Imron ayat 32
قُلْ أَطِيعُوا الله
َ وَالرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ الله َ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ ( ال عمران 32)
32. Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan
Rasul-Nya; jika kamu berpaling, Maka Sesungguhnya Allah tidak menyukai
orang-orang kafir".[20]
dan surat Al Anfal ayat 20.
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا ا الله َوَرَسُولَهُ وَلَا تَوَلَّوْا عَنْهُ
وَأَنْتُمْ تَسْمَعُونَ ( الانفال 20)
20. Hai orang-orang yang beriman,
taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari pada-Nya,
sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya),[21]
Kedua adalah Athi'u Allah wa athi'u
al-rasul. Perintah ini mencakup kewajiban taat kepada beliau walaupun dalam
hal-hal yang tidak disebut secara eksplisit oleh Allah SWT dalam Al-Quran,
bahkan kewajiban taat kepada Nabi tersebut mungkin harus dilakukan terlebih
dahulu -- dalam kondisi tertentu-- walaupun ketika sedang melaksanakan perintah
Allah SWT, sebagaimana diisyaratkan oleh kasus Ubay ibn Ka'ab yang ketika
sedang shalat dipanggil oleh Rasul saw. Itu sebabnya dalam redaksi kedua di
atas, kata athi'u diulang dua kali, seperti dalam surat An Nisa’ ayat 59
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا
الله َوَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي
الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى الله ِوَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ
بِالله ِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ
وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا (59)
59.
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil
amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu,
Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu
benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih
utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.[22]
surat An Nur ayat 54
قُلْ أَطِيعُوا الله َ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ فَإِنْ
تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيْكُمْ مَا حُمِّلْتُمْ وَإِنْ
تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ (54)
54. Katakanlah:
"Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling
maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan
kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. Dan
jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain
kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang."[23]
dan surat Muhammad ayat 33.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا
الله َ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَلَا تُبْطِلُوا
أَعْمَالَكُمْ (33)
33.
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan janganlah
kamu merusakkan (pahala) amal-amalmu.[24]
dan atas dasar ini pula perintah taat
kepada Ulu Al-'Amr tidak dibarengi dengan kata athi'u karena ketaatan terhadap
mereka tidak berdiri sendiri, tetapi bersyarat dengan sejalannya perintah
mereka dengan ajaran-ajaran Allah dan Rasul-Nya. (Perhatikan Firman Allah dalam
QS 4 An Nisa’ :59).
Menerima ketetapan Rasul saw. dengan penuh
kesadaran dan kerelaan tanpa sedikit pun rasa enggan dan pembangkangan, baik
pada saat ditetapkannya hukum maupun setelah itu, merupakan syarat keabsahan
iman seseorang, demikian Allah bersumpah dalam Al-Quran Surah Al-Nisa' ayat 65.
فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى
يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ
حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (65)
65. Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman
hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan,
kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap
putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.[25]
Mayoritas Ulama berpendapat bahwa hadis
merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur’an. Hanya ada sekelompok
kecil di kalangan kaum muslimin yang menolak hadis sebagai salah satu sumber
ajaran Islam, dan itupun disebabkan oleh ketidakpahaman mereka terhadap
berbagai hal yang berkaitan dengan Ilmu Hadis. Kelompok penolak hadis ini (Inkar
as-Sunnah) sudah mendapat bantahan yang sangat serius dari Jalaluddin
As-Suyuthi lewat sebuah karyanya yang bertitel Miftah al-Jannah fi
al-Ihtijaj bi as-Sunnah.[26]
Walaupun menurut penelitian penulis, Kitab Miftah
al-Jannah fi al-Ihtijaj bi as-Sunnah adalah kitab yang disusun oleh Abdurahman
bin Abu Bakar As-Suyuthi sebagaimana tercantum dalam software Al-Maktabatu
as-Syamilah Al-Ishdaru Ats-Tsani terbitan Al Jamiatu al-Islamiyah, Madinatu
al-Munawwarah, 1399 H.
Namun pada sisi lain kita tidak bisa
menyangkal bahwa terdapat perbedaan yang menonjol antara hadis dan Al-Quran
dari segi redaksi dan cara penyampaian atau penerimaannya. Dari segi redaksi,
diyakini bahwa wahyu Al-Quran disusun langsung oleh Allah SWT. Malaikat Jibril
hanya sekadar menyampaikan kepada Nabi Muhammad saw., dan beliau pun langsung
menyampaikannya kepada umat, dan demikian seterusnya generasi demi generasi.
Redaksi wahyu-wahyu Al-Quran itu, dapat dipastikan tidak mengalami perubahan,
karena sejak diterimanya oleh Nabi, ia ditulis dan dihafal oleh sekian banyak
sahabat dan kemudian disampaikan secara tawatur oleh sejumlah orang yang
–menurut adat-- mustahil akan sepakat berbohong. Atas dasar ini, wahyu-wahyu
Al-Quran menjadi qath'iy al-wurud. Ini, berbeda dengan hadis,
yang pada umumnya disampaikan oleh orang per orang dan itu pun seringkali
dengan redaksi yang sedikit berbeda dengan redaksi yang diucapkan oleh Nabi
saw. Di samping itu, diakui pula oleh ulama hadis bahwa walaupun pada masa
sahabat sudah ada yang menulis teks-teks hadis, namun pada umumnya penyampaian
atau penerimaan kebanyakan hadis-hadis yang ada sekarang hanya berdasarkan
hafalan para sahabat dan tabi'in. Ini menjadikan kedudukan hadis adalah zhanniy
al-wurud.
Walaupun demikian, itu tidak berarti
terdapat keraguan terhadap keabsahan hadis karena sekian banyak faktor -- baik
pada diri Nabi maupun sahabat beliau, di samping kondisi sosial masyarakat
ketika itu, yang topang-menopang sehingga mengantarkan generasi berikut untuk
merasa tenang dan yakin akan terpeliharanya hadis-hadis Nabi saw.
Kedudukan
hadits dalam syariat Islam merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Al Qur
an. Hal ini sudah merupakan kepastian dan sesuatu yang telah disepakati secara
ijma' dan sudah tidak perlu ada keraguan dalam kepastian ini.
Dalam
kitab Al Ahkamul Qur an Lis Syafi’i diriwayatkan bahwa ketika Imam Syafi’i
ditanya tentang pengambilan Hujjah dalam penetapan Hukum Allah, maka beliau
menjawab dengan Kitabullah, kemudian dengan apa beliau menjawab dengan sunnah
Rasulillah, sebagaimana dikutib dari kitab Ahkamul Qur an Lis Syafi’i
sebagai berikut :
أحكام القرآن
للشافعي - (ج 1 / ص -4039)
( أَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ ) أَخْبَرَنِي , أَبُو عَبْدِ
اللَّهِ الزُّبَيْرُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْحَافِظُ الإستراباذي قَالَ :
سَمِعْتُ أَبَا سَعِيدٍ مُحَمَّدَ بْنَ عَقِيلٍ الْفِرْيَابِيَّ , يَقُولُ : قَالَ
الْمُزَنِيّ وَالرَّبِيعُ : كُنَّا يَوْمًا عِنْدَ الشَّافِعِيِّ , إذْ جَاءَ
شَيْخٌ , فَقَالَ لَهُ أَسْأَلُ ؟ قَالَ الشَّافِعِيُّ : سَلْ . قَالَ أَيْشٍ
الْحُجَّةُ فِي دِينِ اللَّهِ ؟ فَقَالَ الشَّافِعِيُّ : كِتَابُ اللَّهِ قَالَ :
وَمَاذَا ؟ قَالَ : سُنَّةُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : وَمَاذَا
؟ قَالَ : اتِّفَاقُ الْأُمَّةِ .[27]
Dalam
beberapa riwayat hadits, sangat jelas diriwayatkan bahwa As-Sunnah merupakan
dasar penetapan hukum kedua setelah Al – Qur an, antara lain terdapat dalam Kutubu
At Tis'ah[28]
yang setidaknya ditemukan beberapa hadits dari perowi/sanad yang berbeda yaitu
:
مسند أحمد - (ج 48 / ص 160)
22711 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِى عَوْنٍ الثَّقَفِىِّ عَنِ الْحَارِثِ
بْنِ عَمْرٍو عَنْ رِجَالٍ مِنْ أَصْحَابِ مُعَاذٍ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه
وسلم- لَمَّا بَعَثَهُ إِلَى الْيَمَنِ فَقَالَ « كَيْفَ تَقْضِى ». قَالَ أَقْضِى
بِكِتَابِ اللَّهِ. قَالَ « فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِى كِتَابِ اللَّهِ ». قَالَ فَبِسُنَّةِ
رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-. قَالَ « فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِى سُنَّةِ رَسُولِ
اللَّهِ ». قَالَ أَجْتَهِدُ رَأْيِى. قَالَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- « الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى وَفَّقَ رَسُولَ رَسُولِ اللَّهِ ».
21049 حَدَّثَنَا عَبْد
اللَّهِ حَدَّثَنِي أَبِي حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي
عَوْنٍ الثَّقَفِيِّ عَنِ الْحَارِثِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ رِجَالٍ مِنْ أَصْحَابِ
مُعَاذٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا بَعَثَهُ
إِلَى الْيَمَنِ فَقَالَ كَيْفَ تَقْضِي قَالَ أَقْضِي بِكِتَابِ اللَّهِ قَالَ
فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِي كِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَبِسُنَّةِ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَإِنْ لَمْ
يَكُنْ فِي سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
أَجْتَهِدُ رَأْيِي قَالَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَفَّقَ رَسُولَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ * ( مسند أحمد – مسند الانصار )
21084 حَدَّثَنَا عَبْد
اللَّهِ حَدَّثَنِي أَبِي حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنِي
أَبُو عَوْنٍ قَالَ سَمِعْتُ الْحَارِثَ بْنَ عَمْرٍو ابْنَ أَخِي الْمُغِيرَةِ
بْنِ شُعْبَةَ يُحَدِّثُ عَنْ نَاسٍ مِنْ أَصْحَابِ مُعَاذٍ مِنْ أَهْلِ حِمْصَ
عَنْ مُعَاذٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِمُعَاذِ
بْنِ جَبَلٍ حِينَ بَعَثَهُ إِلَى الْيَمَنِ فَذَكَرَ كَيْفَ تَقْضِي إِنْ عَرَضَ
لَكَ قَضَاءٌ قَالَ أَقْضِي بِكِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِي
كِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِي سَنَةِ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَجْتَهِدُ رَأْيِي وَلَا آلُو
قَالَ فَضَرَبَ صَدْرِي فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَفَّقَ رَسُولَ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَا يُرْضِي رَسُولَهُ * ( مسند أحمد – مسند الانصار )
168 حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ
الثَّقَفِيِّ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ ابْنِ أَخِي الْمُغِيرَةِ بْنِ
شُعْبَةَ عَنْ نَاسٍ مِنْ أَهْلِ حِمْصٍ مِنْ أَصْحَابِ مُعَاذٍ عَنْ مُعَاذٍ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا بَعَثَهُ إِلَى
الْيَمَنِ قَالَ أَرَأَيْتَ إِنْ عَرَضَ لَكَ قَضَاءٌ كَيْفَ تَقْضِي قَالَ
أَقْضِي بِكِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِي كِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَبِسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِي سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ قَالَ أَجْتَهِدُ رَأْيِي
وَلَا آلُو قَالَ فَضَرَبَ صَدْرَهُ ثُمَّ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي
وَفَّقَ رَسُولَ رَسُولِ اللَّهِ لِمَا يُرْضِي رَسُولَ اللَّهِ * ( سنن الدارمي –
كتاب المقدمة )
FUNGSI AS - SUNNAH TERHADAP AL QUR AN
Ditinjau Dari Hukum Yang Ada Maka
Hubungan As-Sunnah dengan Al-Qur'an, Sebagai Berikut :
1.
As-Sunnah
berfungsi sebagai penguat hukum yang sudah ada di dalam Al-Qur'an. Dengan
demikian hukum tersebut mempunyai dua sumber dan terdapat pula dua dalil. Yaitu
dalil-dalil yang tersebut di dalam Al-Qur'an dan dalil penguat yang datang dari
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. berdasarkan hukum-hukum tersebut
banyak kita dapati perintah dan larangan. Ada perintah shalat, membayar zakat,
berpuasa di bulan Ramadhan, ibadah haji ke Baitullah, dan disamping itu
dilarang menyekutukan Allah, menyakiti kedua orang tua serta banyak lagi yang
lainnya.
2.
As-Sunnah itu
berfungsi sebagai penafsir atau pemerinci hal-hal yang disebut secara mujmal
dalam Al-Qur'an, atau memberikan taqyid, atau memberikan takhshish dari
ayat-ayat Al-Qur'an yang muthlaq dan 'am. Karena tafsir, taqyid dan takhshish
yang datang dari As-Sunnah itu memberi penjelasan kepada makna yang dimaksud di
dalam Al-Qur'an.
Dalam hal ini Allah telah memberi wewenang kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk memberikan penjelasan terhadap nash-nash Al-Qur'an dengan firman-Nya.
Dalam hal ini Allah telah memberi wewenang kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk memberikan penjelasan terhadap nash-nash Al-Qur'an dengan firman-Nya.
وَأَنْزَلْنَا
إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ
يَتَفَكَّرُونَ (44)
"Artinya : Dan Kami turunkan kepadamu
Al-Qur'an, agar kamu menerangkan kepada ummat manusia apa yang telah diturunkan
kepada mereka dan supaya mereka memikirkan". [An-Nahl : 44]
3.
As-Sunnah
men-takhshish Al-Qur'an,diantara contohnya adalah dala, An Nisa ayat 11 :
"Artinya : Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu,
Yaitu : bahagian seorang anak lelaki sama dengan bahagian dua orang anak
perempuan". Ayat ini ditakhshish oleh As-Sunnah : para nabi tidak boleh mewariskan apa-apa
untuk anak-anaknya dan apa yang mereka tinggalkan adalah sebagai sadaqah. tidak
boleh orang tua kafir mewariskan kepada anak yang muslim atau sebalinya, dan. Pembunuh
tidak mewariskan apa-apa [Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah]
4.
As-Sunnah
Mentaqyid Kemutlakan Al-Qur'an. "Artinya : Laki-laki yang mencuri dan
perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya.." [Al-Maidah : 38]. Ayat
ini tidak menjelaskan sampai dimanakah batas tangan yang akan di potong. Maka
dari As-Sunnahlah di dapat penjelasannya, yakni sampai pergelangan tangan.
(Subulus Salam 4 : 53-55)
5.
As-Sunnah
Sebagai Bayan Dari Mujmal Al-Qur'an. - Menjelaskan tentang cara shalat Nabi
Shallallahu 'alaihi wa sallam, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
bersabda : "Shalatlah sebagaimana kalian melihatku shalat". [Hadits
Riwayat Bukhari] - Menjelaskan tentang cara haji Nabi Shallallahu 'alaihi wa
sallam, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Ambillah
dariku tentang tata cara manasik haji kamu". [Hadits Riwayat Muslim]. Dan
masih banyak lagi ayat-ayat yang perlu penjelasan dari As-Sunnah karena masih
mujmal.
6.
Terkadang
As-Sunnah menetapkan dan membentuk hukum-hukum yang tidak terdapat di dalam
Al-Qur'an. Diantara hukum-hukum itu ialah tentang haramnya keledai negeri,
binatang buas yang mempunyai taring, burung yang mempunyai kuku tajam, juga
tentang haramnya mengenakan kain sutera dan cincin emas bagi kaum laki-laki.
Semua ini disebutkan dalam hadits-hadits yang shahih. Dengan demikian tidak
mungkin terjadi kontradiksi antara Al-Qur'an dengan As-Sunnah.[29]
7.
Terkadang
As-Sunnah berfungsi sebagai penafsir dan pemerinci hal-hal yang disebut secara
mujmal di dalam Al-Qur'an. Dengan menunjuk kepada pendapat Imam
As Syafi’i dalam Al-Risalah, 'Abdul Halim menegaskan bahwa, dalam
kaitannya dengan Al-Quran, ada dua fungsi Al-Sunnah yang tidak diperselisihkan,
yaitu apa yang diistilahkan oleh sementara ulama dengan bayan ta'kid dan bayan
tafsir. Yang pertama sekadar menguatkan atau menggarisbawahi kembali apa yang
terdapat di dalam Al-Quran, sedangkan yang kedua memperjelas, merinci, bahkan
membatasi, pengertian lahir dari ayat-ayat Al-Quran.[30]
8.
Terkadang
As-Sunnah menetapkan dan membentuk hukum yang tidak terdapat di dalam
Al-Qur'an.
Al-Quran
menekankan bahwa Rasul saw. berfungsi menjelaskan maksud firman-firman Allah
(QS 16:44). Penjelasan atau bayan tersebut dalam pandangan sekian banyak ulama
beraneka ragam bentuk dan sifat serta fungsinya.
'Abdul Halim Mahmud,
mantan Syaikh Al-Azhar, dalam bukunya Al-Sunnah fi Makanatiha wa fi Tarikhiha
menulis bahwa Sunnah mempunyai fungsi yang berhubungan dengan Al-Quran dan
fungsi sehubungan dengan pembinaan hukum syara'.
Persoalan yang diperselisihkan adalah, apakah
hadis atau Sunnah dapat berfungsi menetapkan hukum baru yang belum ditetapkan
dalam Al-Quran? Kelompok yang menyetujui mendasarkan pendapatnya pada
'ishmah (keterpeliharaan Nabi dari dosa dan kesalahan, khususnya dalam bidang
syariat) apalagi sekian banyak ayat yang menunjukkan adanya wewenang
kemandirian Nabi saw. untuk ditaati. Kelompok yang menolaknya berpendapat bahwa
sumber hukum hanya Allah, Inn al-hukm illa lillah, sehingga Rasul pun harus
merujuk kepada Allah SWT (dalam hal ini Al-Quran), ketika hendak menetapkan
hukum.
Kalau persoalannya hanya terbatas seperti
apa yang dikemukakan di atas, maka jalan keluarnya mungkin tidak terlalu sulit,
apabila fungsi Al-Sunnah terhadap Al-Quran didefinisikan sebagai bayan
murad Allah (penjelasan tentang maksud Allah) sehingga apakah ia
merupakan penjelasan penguat, atau rinci, pembatas dan bahkan maupun tambahan,
kesemuanya bersumber dari Allah SWT. Ketika Rasul saw. melarang seorang suami
memadu istrinya dengan bibi dari pihak ibu atau bapak sang istri, yang pada
zhahir-nya berbeda dengan nash ayat Al-Nisa' ayat 24, maka pada hakikatnya
penambahan tersebut adalah penjelasan dari apa yang dimaksud oleh Allah SWT
dalam firman tersebut.
Tentu, jalan keluar ini tidak disepakati,
bahkan persoalan akan semakin sulit jika Al- Quran yang bersifat qathi'iy
al-wurud itu diperhadapkan dengan Hadis yang berbeda atau
bertentangan, sedangkan yang terakhir ini yang bersifat zhanniy al-wurud.
Disini, pandangan para pakar sangat beragam. Muhammad Al-Ghazali
dalam bukunya Al- Sunnah Al-Nabawiyyah Baina Ahl Al-Fiqh wa Ahl Al Hadits,
menyatakan bahwa "Para imam fiqih menetapkan hukum-hukum dengan ijtihad
yang luas berdasarkan pada Al- Quran terlebih dahulu. Sehingga, apabila mereka
menemukan dalam tumpukan riwayat (hadits) yang sejalan dengan Al-Quran, mereka
menerimanya, tetapi kalau tidak sejalan, mereka menolaknya karena Al-Quran
lebih utama untuk diikuti."
Pendapat di atas, tidak sepenuhnya
diterapkan oleh ulama-ulama fiqih. Yang menerapkan secara utuh hanya Imam
Abu Hanifah dan pengikut-pengikutnya. Menurut mereka, jangankan
membatalkan kandungan satu ayat, mengecualikan sebagian kandungannya pun tidak
dapat dilakukan oleh hadis. Pendapat yang demikian ketat tersebut, tidak
disetujui oleh Imam Malik dan pengikut-pengikutnya. Mereka berpendapat bahwa
alhadits dapat saja diamalkan, walaupun tidak sejalan dengan Al-Quran, selama
terdapat indikator yang menguatkan hadis tersebut, seperti adanya pengamalan penduduk
Madinah yang sejalan dengan kandungan hadis dimaksud, atau adanya ijma' ulama
menyangkut kandungannya. Karena itu, dalam pandangan mereka, hadis yang
melarang memadu seorang wanita dengan bibinya, haram hukumnya, walaupun tidak
sejalan dengan lahir teks ayat Al-Nisa' ayat 24.
Imam As Syafi'i,
yang mendapat gelar Nashir Al-Sunnah (Pembela Al-Sunnah), bukan saja
menolak pandangan Abu Hanifah yang sangat ketat itu, tetapi juga pandangan Imam
Malik yang lebih moderat. Menurutnya, Al-Sunnah, dalam berbagai
ragamnya, boleh saja berbeda dengan Al-Quran, baik dalam bentuk pengecualian
maupun penambahan terhadap kandungan Al-Quran. Bukankah Allah sendiri telah
mewajibkan umat manusia untuk mengikuti perintah Nabi-Nya?
Harus digarisbawahi bahwa penolakan satu
hadis yang sanadnya sahih, tidak dilakukan oleh ulama kecuali dengan sangat
cermat dan setelah menganalisis dan membolak-balik segala seginya. Bila masih
juga ditemukan pertentangan, maka tidak ada jalan kecuali mempertahankan wahyu
yang diterima secara meyakinkan (Al-Quran) dan mengabaikan yang tidak
meyakinkan (hadis).
PEMAHAMAN ATAS MAKNA AS - SUNNAH
Seperti dikemukakan di atas, As –
Sunnah, yang merupakan istilah lain dari Al - Hadis,
dalam arti ucapan-ucapan yang dinisbahkan kepada Nabi Muhammad saw., pada
umumnya diterima berdasarkan riwayat dengan makna, dalam arti teks hadis
tersebut, tidak sepenuhnya persis sama dengan apa yang diucapkan oleh Nabi saw.
Walaupun diakui bahwa cukup banyak persyaratan yang harus diterapkan oleh para
perawi hadis, sebelum mereka diperkenankan meriwayatkan dengan makna; namun
demikian, problem menyangkut teks sebuah hadis masih dapat saja muncul.
Apakah pemahaman makna sebuah hadis harus
dikaitkan dengan konteksnya atau tidak. Apakah konteks tersebut berkaitan
dengan pribadi pengucapnya saja, atau mencakup pula mitra bicara dan kondisi
sosial ketika diucapkan atau diperagakan? Itulah sebagian persoalan yang dapat
muncul dalam pembahasan tentang pemahaman makna hadis.
Al-Qarafiy,
misalnya, memilah Al-Sunnah dalam kaitannya dengan pribadi Muhammad saw. Dalam
hal ini, manusia teladan tersebut suatu kali bertindak sebagai Rasul, di kali
lain sebagai mufti, dan kali ketiga sebagai qadhi (hakim penetap hukum) atau
pemimpin satu masyarakat atau bahkan sebagai pribadi dengan kekhususan dan
keistimewaan manusiawi atau kenabian yang membedakannya dengan manusia lainnya.
Setiap hadis dan Sunnah harus didudukkan dalam konteks tersebut.
Al-Syathibi,
dalam pasal ketiga karyanya, Al-Muwafaqat, tentang perintah dan larangan pada
masalah ketujuh, menguraikan tentang perintah dan larangan syara'. Menurutnya,
perintah tersebut ada yang jelas dan ada yang tidak jelas. Sikap para sahabat
menyangkut perintah Nabi yang jelas pun berbeda. Ada yang memahaminya secara
tekstual dan ada pula yang secara kontekstual.
Suatu ketika, Ubay ibn Ka'ab, yang
sedang dalam perjalanan menuju masjid, mendengar Nabi saw. bersabda,
"Ijlisu (duduklah kalian)," dan seketika itu juga Ubay duduk di
jalan. Melihat hal itu, Nabi yang mengetahui hal ini lalu bersabda kepadanya,
"Zadaka Allah tha'atan." Di sini, Ubay memahami hadis tersebut secara
tekstual.
Dalam peperangan Al-Ahzab, Nabi bersabda,
"Jangan ada yang shalat Ashar kecuali di perkampungan Bani
Quraizhah." Sebagian memahami teks hadis tersebut secara tekstual,
sehingga tidak shalat Ashar walaupun waktunya telah berlalu --kecuali di tempat
itu.
Sebagian lainnya memahaminya secara
kontekstual, sehingga mereka melaksanakan shalat Ashar, sebelum tiba di
perkampungan yang dituju. Nabi, dalam kasus terakhir ini, tidak mempersalahkan
kedua kelompok sahabat yang menggunakan pendekatan berbeda dalam memahami teks
hadis.
Imam Syafi'i dinilai sangat ketat dalam
memahami teks hadis, tidak terkecuali dalam bidang muamalat. Dalam hal ini, Imam
As Syafi’i berpendapat bahwa pada dasarnya ayat-ayat Al-Quran dan
hadis-hadis Nabi saw., harus dipertahankan bunyi teksnya, walaupun
dalam bidang muamalat, karena bentuk hukum dan bunyi teks-teksnya adalah ta'abbudiy,
sehingga tidak boleh diubah. Maksud syariat sebagai maslahat harus dipahami
secara terpadu dengan bunyi teks, kecuali jika ada petunjuk yang mengalihkan
arti lahiriah teks.
Kajian 'illat, dalam pandangan Imam
As Syafi’i, dikembangkan bukan untuk mengabaikan teks, tetapi untuk
pengembangan hukum. Karena itu, kaidah al-hukm yaduru ma'a illatih
wujud wa 'adam,115 hanya dapat diterapkan olehnya terhadap hasil
qiyas, bukan terhadap bunyi teks Al-Quran dan hadis. Itu sebabnya Imam As
Syafi’i berpendapat bahwa lafal yang mengesahkan hubungan dua jenis
kelamin, hanya lafal nikah dan zawaj, karena bunyi hadis Nabi saw.
menyatakan, "Istahlaltum furujahunna bi kalimat Allah (Kalian memperoleh
kehalalan melakukan hubungan seksual dengan wanita-wanita karena menggunakan
kalimat Allah)", sedangkan kalimat (lafal) yang digunakan oleh Allah dalam
Al-Quran untuk keabsahan hubungan tersebut hanya lafal zawaj dan nikah.
Imam Abu Hanifah
lain pula pendapatnya. Beliau sependapat dengan ulama-ulama lain yang
menetapkan bahwa teks-teks keagamaan dalam bidang ibadah harus
dipertahankan, tetapi dalam bidang muamalat, tidak demikian. Bidang ini
menurutnya adalah ma'qul alma'na, dapat dijangkau oleh nalar. Kecuali
apabila ia merupakan ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan perincian, maka
ketika itu ia bersifat ta'abbudiy juga. Teks-teks itu, menurutnya, harus
dipertahankan, bukan saja karena akal tidak dapat memastikan mengapa teks
tersebut yang dipilih, tetapi juga karena teks tersebut diterima atas dasar
qath'iy al-wurud. Dengan alasan terakhir ini, sikapnya terhadap teks-teks hadis
menjadi longgar. Karena, seperti dikemukakan di atas, periwayatan lafalnya
dengan makna dan penerimaannya bersifat zhanniy.
Berpijak pada hal tersebut di atas, Imam
Abu Hanifah tidak segan-segan mengubah ketentuan yang tersurat dalam
teks hadis, dengan alasan kemaslahatan. Fatwanya yang membolehkan membayar
zakat fitrah dengan nilai, atau membenarkan keabsahan hubungan perkawinan
dengan lafal hibah atau jual beli, adalah penjabaran dari pandangan di atas.
Walaupun demikian, beliau tidak membenarkan pembayaran dam tamattu' dalam haji,
atau qurban dengan nilai (uang) karena kedua hal tersebut bernilai ta'abudiy,
yakni pada penyembelihannya.
Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan,
yang merupakan hasil kurang maksimal dan masih banyak kekurangan.
KHULASHAH
1. Penulisan makalah hasil kajian literatur tentang ”Kedudukan As Sunnah
dalam Syari’at Islam” ini tidak hanya merupakan tugas dari Prof. Dr. H
Muhibbin, MA, Dosen Pengampu Mata Kuliah Studi Hadis, namun ternyata memang
sangat terasa manfaat dan hasilnya dengan adanya penambahan wawasan tentang
ilmu hadis dari berbagai literatur. Hal ini perlu terus dikembangkan (dilaksanakan
dan ditingkatkan) untuk lebih memperdalam pengetahuan kita tentang Ilmu
Hadis.
2.
Menurut etimologi (bahasa) Arab : “Al – Sunnah”
merupakan “Al – Thoriqah”, juga “Al -
Sirah” jalan atau perjalanan, baik yang khasanah (perbuatan baik)
maupun yang qabikhah (perbuatan buruk) hal ini bisa kita jumpai dalam berbagai
literatur yang menulis tentang studi hadis. Sedangkan menurut
terminologi didefinisikan oleh pada umumnya ulama
--seperti definisi Al-Hadits-- sebagai "Segala sesuatu yang bersumber
atau disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik berupa perkataan, perbuatan atau
taqrir (penetapan/persetujuan) dari beliau."
3.
Al-Qur'anul
Karim menyuruh kita berhukum dengan Sunnah Rasulillah Shallallahu 'alaihi wa
sallam. Terbukti dengan betapa banyaknya ayat-ayat Al-Qur'an yang menyuruh kita
taat kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan berhukum kepadanya,
sehingga dapat kita jadikan dasar pengambilan hujjah As Sunnah dalam hukum
Islam.
4.
Imam – imam pembina
Madzhab, beserta Jumhurul Ulama, mengharuskan kita ummat Islam untuk kembali
kepada As Sunnah dalam menghadapi segala permasalahan. Dan menetapkan bahwa As
Sunnah merupakan urutan kedua dalam pengambilan dalil penetapan hukum Syara’.
5.
Hubungan
As-Sunnah dengan Al-Qur'an, antara lain sebagai :
1)
Penguat hukum
yang sudah ada di dalam Al-Qur'an.
2)
Penafsir atau
pemerinci hal-hal yang disebut secara mujmal dalam Al-Qur'an.
3)
As-Sunnah
men-takhshish Al-Qur'an.
4)
As-Sunnah
Mentaqyid Kemutlakan Al-Qur'an.
5)
As-Sunnah
Sebagai Bayan Dari Mujmal Al-Qur'an.
6)
Terkadang
As-Sunnah menetapkan dan membentuk hukum-hukum yang tidak terdapat di dalam
Al-Qur'an.
7)
Terkadang
As-Sunnah berfungsi sebagai penafsir dan pemerinci hal-hal yang disebut secara
mujmal di dalam Al-Qur'an.
8)
Terkadang
As-Sunnah menetapkan dan membentuk hukum yang tidak terdapat di dalam
Al-Qur'an.
6.
As – Sunnah, yang
merupakan istilah lain dari Al - Hadis, dalam arti ucapan-ucapan yang
dinisbahkan kepada Nabi Muhammad saw., pada umumnya diterima berdasarkan
riwayat dengan makna, dalam arti teks hadis tersebut, tidak sepenuhnya persis
sama dengan apa yang diucapkan oleh Nabi saw. Walaupun diakui bahwa cukup
banyak persyaratan yang harus diterapkan oleh para perawi hadis, sebelum mereka
diperkenankan meriwayatkan dengan makna; namun demikian, problem menyangkut
teks sebuah hadis masih dapat saja muncul.
Sumber :
1.
Al
Qur an Al Karim, ( Penulisan dan copy dari Program Holy Qur an V. 8.0 Harf Information Technology Free
Zone - Nasser City – Cairo, 2002)
2.
Al
Hadits, Program PC Mausuat Al Hadits Al Syarif, Al Ishdarul Awwal 1,2.
(1991-1996)
3.
Al-Maktabatu
as-Syamilah Al-Ishdaru Ats-Tsani 5500,
Madinatu al-Munawwarah, Al Jamiatu al-Islamiyah, 1399 H
4.
As
Syafi’i Muhammad bin Idris, Ahkamul Qur an Lis Syafi’i, Beirut, Darul
Kutub al- Ilmiyah, 1400 H.
5.
Dr.
Said bin Ali Al Qahthani, Nur As Sunnah wa dhulumat al bid’ati fi Dlau’ al
kitabi wa as Sunnah, 1429 H.
6.
Imam
Ibnu Hajar Al Haitami, Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj, Beirut, Daru
Ihayait Turots al Arabi, Juz I.
7.
Hasbi
Ash Shiddieqy, Pokok-pokok Ilmu Diroyah Hadits, Jakarta, Bulan Bintang, 1976,
jilid ii
8.
Munawwir,
Ahmad Warson, Al Munawwir, Kamus
Arab-Indonesia terlengkap, Surabaya, Pustaka Progressif, 1984,.
9.
KHA
Latief Muchtar, MA, Hadits sebagai Sumber Ajaran Islam, makalah dalam Buku
Pengembangan Pemikiran terhadap Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996.
10. Quraish Syihab, Hubungan Hadits dan
Al Qur an, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap Hadis,Yogyakarta,
LPPI, 1996.
11. Said Agil Husen Al-Munawar, Metode
Pemahaman Hadis, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap
Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996.
12. Yazid Abdul Qadir Jawas, Kedudukan As-Sunnah Dalam
Syariat Islam, Pustaka Al-Kautsar, Sumber : http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=232&bagian=0
13. Mauqi al Islam, Al Maghrib Jz 3
hal 100, http://www.al-islam.com
14.
Atang
Abd. Hakim, Metodologi Studi Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya,
2006.
15. Husein Yusuf, Kriteria Hadis Sahih,
makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996.
2. صحيح مسلم -
(ج 3 / ص 86)
2398 - حَدَّثَنِى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى الْعَنَزِىُّ
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَوْنِ بْنِ أَبِى
جُحَيْفَةَ عَنِ الْمُنْذِرِ بْنِ جَرِيرٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كُنَّا عِنْدَ
رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى صَدْرِ النَّهَارِ قَالَ فَجَاءَهُ
قَوْمٌ حُفَاةٌ عُرَاةٌ مُجْتَابِى النِّمَارِ أَوِ الْعَبَاءِ مُتَقَلِّدِى
السُّيُوفِ عَامَّتُهُمْ مِنْ مُضَرَ بَلْ كُلُّهُمْ مِنْ مُضَرَ فَتَمَعَّرَ
وَجْهُ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِمَا رَأَى بِهِمْ مِنَ الْفَاقَةِ
فَدَخَلَ ثُمَّ خَرَجَ فَأَمَرَ بِلاَلاً فَأَذَّنَ وَأَقَامَ فَصَلَّى ثُمَّ
خَطَبَ فَقَالَ « (يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِى خَلَقَكُمْ
مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ) إِلَى آخِرِ الآيَةِ (إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ
رَقِيبًا ) وَالآيَةَ الَّتِى فِى الْحَشْرِ (اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ
نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ) تَصَدَّقَ رَجُلٌ مِنْ
دِينَارِهِ مِنْ دِرْهَمِهِ مِنْ ثَوْبِهِ مِنْ صَاعِ بُرِّهِ مِنْ صَاعِ تَمْرِهِ
- حَتَّى قَالَ - وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ ». قَالَ فَجَاءَ رَجُلٌ مِنَ
الأَنْصَارِ بِصُرَّةٍ كَادَتْ كَفُّهُ تَعْجِزُ عَنْهَا بَلْ قَدْ عَجَزَتْ -
قَالَ - ثُمَّ تَتَابَعَ النَّاسُ حَتَّى رَأَيْتُ كَوْمَيْنِ مِنْ طَعَامٍ
وَثِيَابٍ حَتَّى رَأَيْتُ وَجْهَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
يَتَهَلَّلُ كَأَنَّهُ مُذْهَبَةٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- «
مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً
فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ
مِنْ أُجُورِهِمْ شَىْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِى
الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ
بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ ».
__________
معانى بعض الكلمات :
المجتاب : اللابس
المذهبة : الشىء المموه بالذهب
النمار : جمع نمرة وهى كساء فيه خطوط بيض وسود
تلبسه الأعراب
3. المغرب
- (ج 3 / ص 100
( س ن ن ) : ( السُّنَّةُ
) الطَّرِيقَةُ وَمِنْهَا الْحَدِيثُ
تاج العروس - (ج 1 / ص 8075
( و ) السنة ( السيرة ) حسنة
كانت أو قبيحة وقال الازهرى السنة الطريقة المحمودة المستقيمة ولذلك قيل فلان من
أهل السنة معناه من أهل الطريقة المستقيمة المحمودة ( و ) السنة ( الطبيعة ) وبه
فسر بعضهم قول الاعشى كريما شمائله من بنى * معاوية الاكرمين السنن وقيل السنن هنا
الوجوه ( و ) السنة ( تمر بالمدينة ) معروف نقله الجوهرى ( و ) السنة ( من الله )
إذا أطلقت من الشرع فانما يراد بها ( حكمه وأمره ونهيه ) مما أمر النبي صلى الله
تعالى عليه وسلم ونهى عنه وندب إليه قولا وفعلا مما لم ينطق به الكتاب العزيز
ولهذا يقال في أدلة الشرع الكتاب والسنة أي القرآن والحديث وقال الراغب سنة النبي
طريقته التى كان يتحراها وسنة الله عزوجل قد تقال لطريقة حكمته وطريقة طاعته نحو
قول تعالى سنة الله التى قد خلت من قبل وقوله تعالى ولن نجد لسنة الله تحويلا فنبه
على ان وجوه الشرائع وان اختلفت صورها فالغرض المقصود منها لا يختلف ولا يتبدل وهو
تطمين النفس وترشيحها للوصول الى ثواب الله تعالى ( و ) قوله تعالى وما منع الناس
أن يؤمنوا إذ جاءهم الهدى ويستغفروا ربهم ( الا أن تأتيهم سنة الاولين )
6. تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 1 / ص 71)
( لِلتَّفَقُّهِ ) أَيْ
التَّفَهُّمِ وَأَخْذِ الْفِقْهِ تَدْرِيجًا وَهُوَ أَعْنِي الْفِقْهَ لُغَةً
الْفَهْمُ مِنْ فَقِهَ بِكَسْرِ عَيْنِهِ فَإِنْ صَارَ الْفِقْهُ سَجِيَّةً لَهُ
قِيلَ فَقُهَ بِضَمِّهَا ، وَاصْطِلَاحًا الْعِلْمُ بِالْأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ
الْعَمَلِيَّةِ النَّاشِئَةِ عَنْ الِاجْتِهَادِ وَمَوْضُوعُهُ فِعْلُ
الْمُكَلَّفِ مِنْ حَيْثُ تَعَاوُرُ تِلْكَ الْأَحْكَامِ عَلَيْهِ
وَاسْتِمْدَادُهُ مِنْ الْأَدِلَّةِ الْمُجْمَعِ عَلَيْهَا الْكِتَابُ وَالسُّنَّةُ وَالْإِجْمَاعُ وَالْقِيَاسُ
وَالْمُخْتَلَفِ فِيهَا كَالِاسْتِصْحَابِ وَمَسَائِلِهِ كُلُّ مَطْلُوبٍ
خَبَرِيٌّ يُبَرْهَنُ عَلَيْهِ فِي الْعِلْمِ وَفَائِدَتُهُ امْتِثَالُ
الْأَوَامِرِ وَاجْتِنَابُ النَّوَاهِي وَغَايَتُهُ انْتِظَامُ أَمْرِ الْمَعَاشِ
وَالْمَعَادِ مَعَ الْفَوْزِ بِكُلِّ خَيْرٍ دُنْيَوِيٍّ وَأُخْرَوِيٍّ ( فِي
الدِّينِ ) وَهُوَ عُرْفًا وَضْعٌ إلَهِيٌّ سَائِقٌ لِذَوِي الْعُقُولِ
بِاخْتِيَارِهِمْ الْمَحْمُودِ إلَى مَا هُوَ خَيْرٌ لَهُمْ بِالذَّاتِ ، وَقَدْ
يُفَسَّرُ بِمَا شُرِعَ مِنْ الْأَحْكَامِ وَيُسَاوِيهِ الْمِلَّةُ مَاصَدَقًا
كَالشَّرِيعَةِ لِأَنَّهَا مِنْ حَيْثُ إنَّهَا يُدَانُ أَيْ يُخْضَعُ لَهَا
تُسَمَّى دِينًا وَمِنْ حَيْثُ إنَّهَا يُجْتَمَعُ عَلَيْهَا وَتُمْلَى
أَحْكَامُهَا تُسَمَّى مِلَّةً وَمِنْ حَيْثُ إنَّهَا تُقْصَدُ لِإِنْقَاذِ
النُّفُوسِ مِنْ مُهْلِكَاتِهَا تُسَمَّى شَرِيعَةً ( مَنْ ) مَفْعُولٌ أَوَّلُ
لِلْمُوَفِّقِ الْمُتَعَدِّي لِلثَّانِي بِاللَّامِ ( لَطَفَ بِهِ ) أَيْ أَرَادَ
لَهُ الْخَيْرَ وَسَهَّلَهُ عَلَيْهِ لِكَوْنِهِ مَنَّ عَلَيْهِ بِفَهْمٍ تَامٍّ
وَمُعَلِّمٍ نَاصِحٍ وَشِدَّةِ الِاعْتِنَاءِ بِالطَّلَبِ وَدَوَامِهِ (
وَاخْتَارَهُ ) أَيْ انْتَقَاهُ لِلُطْفِهِ وَتَوْفِيقِهِ ( مِنْ الْعِبَادِ )
يَصِحُّ أَنْ يَكُونَ بَيَانًا لِمَنْ فَأَلْ فِيهِ لِلْعَهْدِ وَالْمَعْهُودُ {
إنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَك عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ } .
أصول الإيمان في
ضوء الكتاب والسنة - (ج 1 / ص 184)
المبحث الرابع
الإيمان بالقرآن
وخصائصه
تعريف القرآن
والحديث القدسي والحديث النبوي والفرق بينهما :
القرآن الكريم : هو
كلام الله منه بدا بلا كيفية قولا ، وأنزله على رسوله وحيا ، وصدقه المؤمنون على
ذلك حقا ، وأيقنوا أنه كلام الله حقيقة ، سمعه جبريل عليه السلام من الله عز وجل ،
ونزل به على خاتم رسله محمد صلى الله عليه وسلم بلفظه ومعناه المنقول بالتواتر
المفيد للقطع واليقين المكتوب في المصاحف المحفوظ من التغيير والتبديل . (1) .
والحديث القدسي :
هو ما رواه النبي صلى الله عليه وسلم عن ربه باللفظ والمعنى ونقل إلينا آحادا أو
متواترا ولم يبلغ تواتر القرآن (2) .
ومثاله حديث أبي ذر
الغفاري عن النبي صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه عز وجل أنه قال : « يا
عبادي ، إني حرمت الظلم على نفسي وجعلته بينكم محرما فلا تظالموا » (3) .
والحديث النبوي :
ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم من قول أو فعل أو تقرير أو وصف . (4) .
_________
(1) الطحاوية 1 / 172 . مباحث
في علوم القرآن لمناع القطان ، ص21 ، وقواعد التحديث لجمال الدين القاسمي ص65 .
(2) انظر قواعد التحديث لجمال
الدين القاسمي ص65 .
(3) رواه مسلم برقم (2577) .
(4) مصطلح الحديث لابن عثيمين
ص7 ، وقواعد التحديث للقاسمي ص61-62 .
أحكام القرآن
للشافعي - (ج 1 / ص -4039)
( أَنَا أَبُو
عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ ) أَخْبَرَنِي , أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الزُّبَيْرُ بْنُ
عَبْدِ الْوَاحِدِ الْحَافِظُ الإستراباذي قَالَ : سَمِعْتُ أَبَا سَعِيدٍ
مُحَمَّدَ بْنَ عَقِيلٍ الْفِرْيَابِيَّ , يَقُولُ : قَالَ الْمُزَنِيّ
وَالرَّبِيعُ : كُنَّا يَوْمًا عِنْدَ الشَّافِعِيِّ , إذْ جَاءَ شَيْخٌ , فَقَالَ
لَهُ أَسْأَلُ ؟ قَالَ الشَّافِعِيُّ : سَلْ . قَالَ أَيْشٍ الْحُجَّةُ فِي دِينِ
اللَّهِ ؟ فَقَالَ الشَّافِعِيُّ : كِتَابُ اللَّهِ قَالَ : وَمَاذَا ؟ قَالَ :
سُنَّةُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : وَمَاذَا ؟ قَالَ : اتِّفَاقُ
الْأُمَّةِ . قَالَ : وَمِنْ أَيْنَ قُلْتَ اتِّفَاقَ الْأُمَّةِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ
؟ , فَتَدَبَّرَ الشَّافِعِيُّ ( رحمه الله ) سَاعَةً . فَقَالَ الشَّيْخُ
أَجَّلْتُكَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَتَغَيَّرَ لَوْنُ الشَّافِعِيِّ , ثُمَّ إنَّهُ
ذَهَبَ , فَلَمْ يَخْرُجْ أَيَّامًا . قَالَ : فَخَرَجَ مِنْ الْبَيْتِ [ فِي ]
الْيَوْمِ الثَّالِثِ , لَمْ يَكُنْ بِأَسْرَعَ أَنْ جَاءَ الشَّيْخُ فَسَلَّمَ ,
فَجَلَسَ , فَقَالَ : حَاجَتِي ؟ فَقَالَ الشَّافِعِيُّ ( رحمه الله ) : نَعَمْ ,
أَعُوذ بِاَللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ بسم الله الرحمن الرحيم قَالَ
اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : { وَمَنْ يُشَاقِقْ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ
لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى
وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا } لَا يُصْلِيهِ جَهَنَّمَ عَلَى خِلَافِ [ سَبِيلِ ] الْمُؤْمِنِينَ , إلَّا
وَهُوَ فَرْضٌ قَالَ : فَقَالَ : صَدَقْتَ وَقَامَ وَذَهَبَ . قَالَ الشَّافِعِيُّ
: قَرَأْتُ الْقُرْآنَ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ حَتَّى
وَقَفْتُ عَلَيْهِ وَهَذِهِ الْحِكَايَةُ أَبْسَطُ مِنْ هَذِهِ نَقَلْتُهَا فِي
كِتَابِ الْمَدْخَلِ
Ö Makalah disampaikan dalam Perkuliahan
Studi Hadits, dalam Program Pasca Sarjana S2 IAIN Walisongo Semarang Tahun
2008 / 2009.
[1] AW Munawwir, Al
Munawwir, Kamus Arab-Indonesia terlengkap, Surabaya, Pustaka
Progressif, 1984, hal 669.
[2] Mauqi al Islam, Al Maghrib
Jz 3 hal 100, http://www.al-islam.com
(Program Al Maktabah As Syamila Ishdar ats Tsani 5500)
[3] Mauqi al Islam, Murtadha Ar
Rabidi, Taj al Arus min jawahir al qamus Jz 1 hal 8075 http://www.alwarraq.com (Program Al Maktabah
As Syamila Ishdar ats Tsani 5500)
[4] Dr. Said bin Ali Al Qahthani, Nur
As Sunnah wa dhulumat al bid’tih fi Dlau’ all kitabi wa as Sunnah, 1429 H,
hal 5.
[6]KHA Latief Muchtar, MA, Hadits
sebagai Sumber Ajaran Islam, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap
Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996, hal 167.
[8]Said Agil Husen Al-Munawar, Metode
Pemahaman Hadis, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap
Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996, hal 155.
[9] Al-Maktabatu
as-Syamilah Al-Ishdaru Ats-Tsani 5500, Madinatu al-Munawwarah, Al Jamiatu
al-Islamiyah, 1399 H
[11] AW Munawwir, Al Munawwir, Kamus Arab-Indonesia terlengkap,
Surabaya, Pustaka Progressif, 1984, hal 1562.
[12] Al-Maktabatu
as-Syamilah Al-Ishdaru Ats-Tsani 5500, Madinatu al-Munawwarah, Al Jamiatu
al-Islamiyah, 1399 H
[13] Quraish Syihab,
Hubungan Hadits dan Al Qur an, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran
terhadap Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996, hal 53.
[14] Yazid Abdul
Qadir Jawas, Kedudukan As-Sunnah Dalam Syariat Islam, Pustaka
Al-Kautsar, hal 33-37
[16] Program PC Mausuat
Al Hadits Al Syarif, Al Ishdarul Awwal 1,2.Sunan Ibnu Majah, hadis ke-43
(1991-1996)
[17] Hasbi Ash Shiddieqy,
Pokok-pokok Ilmu Diroyah Hadits, Jakarta, Bulan Bintang, 1976, jilid ii hal
355.
[18] Imam Ibnu Hajar Al Haitami, Tuhfatul
Muhtaj fi Syarhil Minhaj, Beirut, Daru Ihayait Turots al Arabi, Juz I hal
71.
[19] Quraish Syihab, Hubungan
Hadits dan Al Qur an, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap
Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996, hal 53
[20] Al Qur an Al
Karim, Q.S-Ali Imron : 32 ( Penulisan dan copy dari Program Holy Qur an V.
8.0 Harf Information Technology
Free Zone - Nasser City – Cairo, 2002)
[21] ---------------------------,
Q.S-Al Anfal : 20)
[22] Al Qur an Al
Karim, Q.S-An Nisa’ : 59 ( Penulisan dan copy dari Program Holy Qur an V.
8.0 Harf Information Technology
Free Zone - Nasser City – Cairo, 2002)
[23] -------------------------------------,
Q.S-An Nur : 54
[24] --------------------------------------,
Q.S-Muhammad : 33
[25] --------------------------------------,
Q.S-An Nisa’ : 65
[26]HM Husein Yusuf, Kriteria
Hadis Sahih, makalah dalam Buku Pengembangan Pemikiran terhadap Hadis,Yogyakarta,
LPPI, 1996, hal 27
[27] As Syafi’i
Muhammad bin Idris, Ahkamul Qur an Lis Syafi’i, Beirut, Darul Kutubul
Ilmiyah, 1400 H ( dicopy dari Program Al Maktabatu Al Syamilah Al Ishdaru As
Tsani )
[28] Program PC Mausuat
Al Hadits Al Syarif, Al Ishdarul Awwal 1,2. (1991-1996)
[29] Yazid Abdul
Qadir Jawas, Kedudukan As-Sunnah Dalam Syari'at Islam, Pustaka
Al-Kautsar, hal 52-55
[30] Quraish
Syihab, Hubungan Hadits dan Al Qur an, makalah dalam Buku Pengembangan
Pemikiran terhadap Hadis,Yogyakarta, LPPI, 1996, hal 55.
2 komentar:
memang inkar sunnah tidak hanya berwujud sebuah aliran keagamaan saja, melainkan juga aliran pemikiran atau sebuah paham yang benih-benihnya sudah muncul dari sejak abad pertama Islam. Pelopornya adalah Syi’ah, Mu’tazilah, Khawarij, Murji`ah dan sekte-sekte lainnya yang menyimpang dari “Ahlus-Sunnah”. Di era kontemporer, serangan inkar sunnah yang meragukan hadits dan ilmu hadits diawali oleh seorang orientalis bernama Goldziher. Diikuti kemudian oleh Joseph Schacht. Di kalangan muslim, yang turut menjadi pengekornya di antaranya adalah Rasyid Ridla, Abu Rayyah, Ahmad Amin, dan Ahmad Abdul Mun’im al-Bahi. Di antara mereka ada yang menolak hadits secara keseluruhan, ada yang hanya menolak hadits Ahad, ada pula yang kalau sesuai dengan al-Qur`an menurut akalnya sendiri, maka hadits digunakan, jika tidak maka ditinggalkan.
http://pemikiranislam.net/2011/11/mewaspadai-virus-inkar-sunnah-2/
memang inkar sunnah tidak hanya berwujud sebuah aliran keagamaan saja, melainkan juga aliran pemikiran atau sebuah paham yang benih-benihnya sudah muncul dari sejak abad pertama Islam. Pelopornya adalah Syi’ah, Mu’tazilah, Khawarij, Murji`ah dan sekte-sekte lainnya yang menyimpang dari “Ahlus-Sunnah”. Di era kontemporer, serangan inkar sunnah yang meragukan hadits dan ilmu hadits diawali oleh seorang orientalis bernama Goldziher. Diikuti kemudian oleh Joseph Schacht. Di kalangan muslim, yang turut menjadi pengekornya di antaranya adalah Rasyid Ridla, Abu Rayyah, Ahmad Amin, dan Ahmad Abdul Mun’im al-Bahi. Di antara mereka ada yang menolak hadits secara keseluruhan, ada yang hanya menolak hadits Ahad, ada pula yang kalau sesuai dengan al-Qur`an menurut akalnya sendiri, maka hadits digunakan, jika tidak maka ditinggalkan.
http://pemikiranislam.net/2011/11/mewaspadai-virus-inkar-sunnah-2/
Posting Komentar