RIWAYAT HIDUP SINGKAT
AL
MAGHFURLAH KH GHUFRON ACHID
Haul Al Maghfurlah KH Ghufron Achid, bukan untuk
mengkultus-individukan beliau, tetapi untuk mengenang keshalehan beliau,
mengenang perilaku baik beliau, pengabdian beliau untuk Allah SWT, dan
masyarakat, perjuangan beliau yang kadang – kadang harus menentang arus,
menerjang ombak, tantangan dan rintangan yang tidak ringan.
Rasulullah SAW bersabda :
قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم مَنْ وَرَّخَ مُسْلِمًا
فَكَأَ نَّمَا اَحْيَاهُ وَمَنْ زَارَ عَالِمًا
فَكَأَ نَّمَا زَارَنِى وَمَنْ زَارَنِى بَعْدَ وَفَاتِى وَجَبَتْ لَهُ
شَفَاعَتِى. روه ابو داود وترمذى
“Siapa
saja yang membuat tarekh (Biografi) seorang muslim, maka sama dengan
menghidupkannya. Dan barang siapa ziarah kepada seorang Alim, maka sama dengan
ziarah kepadaku (Nabi SAW). Dan barang siapa berziarah kepadaku setelah aku
wafat, maka wajib baginya mendapat syafatku di Hari Qiyamat. (HR. Abu Dawud dan
Tirmidzi).
Disebutkan dalam kitab Akhbar
ashbihan Juz 10 halaman 264
أخبار أصبهان - (ج 10 / ص 264)
2107 - حدثنا أبو الحسين محمد بن أحمد بن جعفر ، ثنا يعرب بن خيران ، ثنا محمد بن
الفضل بن العباس البلخي بسمرقند ، ثنا أبو محمد حمد بن نوح ، ثنا حفص بن عمر
العدني ، عن الحكم ، عن عكرمة ، عن ابن عباس ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم :
« من زار العلماء
فكأنما زارني ، ومن صافح العلماء فكأنما صافحني ، ومن جالس العلماء فكأنما جالسني
، ومن جالسني في الدنيا أجلس إلى يوم القيامة »
أُذكروا محاسن موتاكم
وكُفُّوا عن مساويهم { سنن الترمذي كتاب الجنائز حديث ٩٤٠ }
“ Sebutkan kebaikan Orang – Orang yang
telah mati dari kamu, dan berhentilah mencela keburukan – keburukan mereka “
Beliau Almarhum, Al maghfurlah Bapak KH Ghufron
Achid menurut catatan dilahirkan pada hari kamis pahing
tanggal 15 Syawal 1349 H/tanggal 5 Maret 1931 M dari pasangan Bapak Achid
dan Ibu Arifah di Kauman
Pekalongan.
Beliau wafat/dipanggil oleh Allah
SWT pada hari Rabu Wage tanggal 7 Pebruari 2001 M/13 Dzul Qo’dah 1421 H,
berarti beliau pada waktu wafatnya berusia 69 tahun 11 bulan 2 hari menurut
hitungan tahun Syamsiyah. Atau 73 tahun lebih 28 hari menurut hitungan tahun
Qamariyah.
Beliau dinikahkan dengan Aisyah
putri dari Al Markhum, Al Maghfurlah mbah KH Mudzakir bin KH Fadholi,
adik kandung dari KH Ibnu Chadjar Mudzakir.
Dari perkawinannya beliau dianugerahi 11 Putera ( anak ), 4 orang laki-laki dan
7 orang perempuan, dan sampai sekarang sudah bertambah 13 cucu dan 1 cicit. Putra/Putri
dan menantu beliau :
1.
Hj Aminah + KH
Azizuddin Muzajjad (3 cucu + 2 cicit)
2.
Khairiyah +
Miftakhuz Zuhri (2 cucu)
3.
Dhofiroh + H
Zainudin (Payaman – 6 cucu)
4.
Sa’duddin +
Inayah
5.
Labib + Novita
6.
Ishmah + K Jamil
(1 cucu)
7.
Kamilah + Slamet
Rahmat (1 cucu)
8.
Akhiroh
9.
Mismakhah al
Khafidhoh
10.
Muhammad (ndung)
11.
Hamid
Beliau Orang yang sabar tapi penuh
semangat.
Bapak beliau yaitu Bapak Achid
Almarhum meninggal karena kekejaman Belanda, sehingga pada waktu kecil beliau
dan Saudara–Saudaranya dalam keadaan yatim/miskin. Untuk menunjang kehidupan
rumah tangga, beliau pernah berjualan ‘IDER
ROKOK’ dan ‘BURUH NGUWUK BATIK’ meskipun
umurnya masih relatif kecil / muda.
Pada masa mudanya, beliau menghabiskan waktunya untuk
mencari ilmu, bukan untuk berfoya – foya seperti layaknya anak muda yang lain. Dari
keterangan keluarga, pada waktu kecil beliau pernah mengaji pada Ust Baidlowi
Kauman, selanjutnya beliau menuntut ilmu pada para Ulama di berbagai Pondok
Pesantren antara lain :
1.
KH Ma’shum Ponpes Al Hidayah Lasem selama 6 tahun
2.
KH Masduki Ponpes Al Ishlah Lasem
3.
KH Baidlowi Lasem
4.
KH Maftukhin Lasem
5.
KH Cholil
6.
KH Fatkhur Rohman
7.
KH Manshur Lasem
8.
KH Muhammadun Tayu
9.
KH Arwani Kudus
10.
KH Muhammad Hambali
Sumardi
Beliau juga bertabarruk kepada mbah kyai
Ahmad Asy’ari Poncol Salatiga, meskipun waktu itu sudah berkeluarga. Beliau
juga penah bai’at thariqah An Naqsyabandiyah Al Khalidiyah sebagaimana pernah
diceritakan oleh sahabat beliau KH Abdullah Faqih Langitan dalam kesempatan
pertemuan di daerah Kudus.
Beliau
orang yang waro’, qona’ah dan gigih
Beliau diserahi mengajar dan memimpin Madrasah Salafiyah
Ibtidaiyah (MSI) yang didirikan oleh Ayah Mertua beliau KH Mudzakir Fadholi
bersama Pengurus Salafiyah yang lain. Tugas itu beliau laksanakan dengan baik
dan penuh tanggungjawab meskipun dengan imbalan honor/gaji yang sangat – sangat
sedikit, sangat kurang untuk menopang kehidupan beliau.
Dari MSI yang berlokasi di Kauman Pekalongan dengan 6 (enam)
lokal kecil pada awalnya, dan selanjutnya berkat kegigihan beliau dan para
Pengurus Yayasan SALAFIYAH Kauman Pekalongan, sekolah itu berkembang pesat
dalam waktu yang tidak lama, dan pada saat ini terdiri dari :
o
MSI 01 KAUMAN
o
MSI 02 KEPUTRAN
o
MSI 05 SAMPANGAN
o
SMP SALAFIYAH KAUMAN
o
MA SALAFIYAH
Pernah terjadi suatu hari beliau berkunjung ke rumah Wali
Murid untuk berkonsultasi tentang anaknya, tiba–tiba beliau dilempar batu dari
belakang oleh muridnya, sehingga orang tua murid tadi sangat malu dan memohon
maaf kepada beliau, hal ini beliau hadapi dengan sabar dan tidak
mempermasalahkan.
Beliau adalah seorang yang Alim Al Allamah
Setelah Ayah Mertua beliau yaitu Al Marhum Al Maghfurlah mbah KH
Mudzakir wafat pada tahun 1975, disamping beliau memimpin sekolah,
beliau juga melanjutkan pengajian Bapak Mertua bersama KH Ibnu Chajar bin
KH Mudzakir yaitu pengajian kitab Ihya’ ‘Ulumuddin dan
berhasil mengkhatamkan 4 ( empat ) jilid, dan beliau tambahkan pula pengajian
kitab Shokhih Bukhori. Dan banyak lagi kitab – kitab lain yang
diajarkan kepada para Santri beliau.
Beliau adalah seorang pejuang
Disamping kesibukannya memimpin sekolah, mengajar berbagai
kitab kepada santri, beliau sempat pula terjun di berbagai kegiatan organisasi
sosial seperti :
1.
Rois Syuriyah PC NU Kota
Pekalongan, dalam kapasitas sebagai Rais ini dalam Haul ke tujuh (2008) Habib Thohir bin
Abdullah Al Kaff menceritakan bahwa beliau pernah mendapatkan rekomendasi dari
Al Maghfurlah untuk membahas masalah Ahlus sunnah wal jama’ah di PB NU dan
berhasil meluruskan buku tentang ahlussunnah wal jama’ah yang akan diterbitkan
oleh PB NU.
2.
Ketua Umum MUI Kota
Pekalongan pernah menjadi satu periode
3.
Ketua I Yayasan
SALAFIYAH Kauman Pekalongan menjadi,
4.
salah satu pengurus
Yayasan Ahlis Sunnah Wal Jama’ah yang membawahi SMP Wahid Hasyim dan SMA Hasyim
Asy’ari, dan
5.
Ketua Yayasan
Khirzaddin yang didirikan oleh Almarhum Bpk H Kamaludin Bachir
6.
Pengurus serta aktifis “Majlis
Musyawarah Diniyah” Pekalongan yang didirikan oleh Almarhum Bpk H
Junaid.
7.
Beliau juga seorang yang
sangat memperhatikan masalah ekonomi dengan aktif memberikan pertimbangan
didirikannya Koperasi Pemuda Buana (KOPENA) dan mensupport gerakannya,
dibuktikan dengan kesediaan beliau menjadi anggota Koperasi tersebut.
8.
Beliau aktif pula
memperhatikan permasalahan Haji yang antara lain dengan keikutsertaan beliau
sebagai Penasehat di KBIH AS SALAMAH Kota Pekalongan.
9.
beliau memprakarsai
berdirinya Badan Amil Zakat ( BAZ ) di Kota Pekalongan dan menjadi salah seorang Pengurus yang tujuan utamanya untuk
memberikan pemikiran santunan kepada Fuqara Masakin/ekonomi lemah,
Ada beberapa catatan yang
perlu kami sampaikan di sini :
1.
beliau pernah mengadakan
penelitian secara pribadi bersama – sama pengurus MUI yang lain tentang proses
pemotongan hewan di lokasi pemotongan hewan
(blandong), apakah proses pemotongan hewan itu sudah sesuai dengan
syari’at Islam.
2.
beliau pernah mengadakan
penelitian secara pribadi bersama – sama pengurus MUI yang lain ke tempat –
tempat praktek SMOKE COUTHING ( dindong ), dan hasilnya MUI memberikan fatwa
Permainan Dindong termasuk perjudian dan mengajukan permohonan kepada Walikota
Pekalongan agar permainan itu dilarang. Dan Al Hamdu lillah permohonan itu
dikabulkan, Walikota melarang dan menutup permainan dindong.
3.
beliau bersama pengurus
MUI lainnya dan didukung oleh Ormas – Ormas Islam serta Pon Pes – Pon Pes di
Pekalongan mengajukan usulan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat agar
Gedung Pemuda yang mempunyai sejarah heroik / kepahlawanan Orang – Orang
Pekalongan, dijadikan Masjid. Dengan adanya usulan tersebut terpaksa beliau
bersama dengan pengurus yang lain harus berhadapan dengan DPRD, Walikota dan
Kejaksaan serta Orang – orang yang menentang waktu itu.
Memang nampaknya pada waktu itu, pada saat pemerintah sangat
berkuasa, hal tersebut terasa merupakan hal yang sangat mustahil, tetapi Allah
SWT Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sesuatu yang kelihatannya tak mungkin
terjadi, bisa saja terjadi atas ijin-Nya. Akhirnya terjadilah Reformasi di
Indonesia, dan atas desakan para Pemuda dan seluruh lapisan Masyarakat, serta
bantuan jasa dari Walikota Pekalongan bersama tokoh – tokoh lain, al hamdu
lillah sekarang telah berdiri dengan megah sebuah Masjid dengan nama MASJID AS
SYUHADA’ sebagai monumen perjuangan para Pahlawan/Syuhada Pekalongan
mempertahankan kemerdekaan NKRI pada tanggal 3 Oktober 1945.
Itulah sekelumit catatan tentang biografi beliau. Masih
banyak lagi prilaku baik yang belum tercatat, dan masih banyak lagi mahasin,
Fadhilah dan maziyyah beliau
yang belum terungkap.
Beliau Al Markhum Al Maghfurlah kini telah tiada, telah
meninggalkan kita semua, kewajiban kita bukan untuk bersedih berkepanjangan
yang tak berujung. Tetapi yang penting Akhlaqul Karimah, perilaku baik,
kesabaran, kesholehan, kegigihan, kejelian, ketelitian, ketaqwaan dan
perjuangan beliau patutlah kita teladani dan kita teruskan perjuangan beliau
untuk Islam, Bangsa dan Negara.
Marilah kita berdo’a mudah-mudahan kesalahan beliau selama
hayat, diampuni oleh Allah SWT, dan semua amal baik, keshalihan beliau diterima
dan dibalas oleh – Nya dengan pahala yang berlipat ganda. Amin.
والسلام عليكم ورحمة
الله وبركاته
Tim
Penulis
Para Santri Al Maghfurlah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar